Radio Budaya Jawa



Kamis, 25 Maret 2010

ANDONG


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Cordyline fruticosa (Linn.)
2. Nama daerah hanjuanq (Sunda), andong (Jawa), penjuang (Dayak), kayu urip (Madura), endong (Bali).
3. Nama asing –

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Andong memiiki rasa manis, hambar, dan bersifat menyejukkan. Kandungan kimia dan tumbuhan ini belum banyak diketahui, tetapi kegunaan dari tumbuhan ini telah banyak diketahui, di antaranya menyejukkan darah, menghentikan pendarahan, dan menghilangkan bengkak karena memar (antiswelling)

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUIJAN
Perbanyakan andong dapat dilakukan dengan setek batang dan stump. Setek dilakukan melalui batang yang keras dipotong 5—10 cm dan daun yang ada dibuang semuanya. Stump diperoleh dengan mencabut tumbuhan andong liar kemudian dipindahkan ke tempat budi daya, misalnya pot. Andong dirawat dengan disirami air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik.

D. BAGlAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Seluruh bagian tumbuhan, yaitu bunga, daun, dan akar dapat digunakan untuk berbagai penyakit sebagai berikut.

1. Kencing berdarah
Rebus 60—100 g daun andong segar atau 30—60 g akar andong kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring , lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.
2. Mencegah keguguran, haid terlalu banyak, dan wasir berdarah
Cuci bersih 15—30 g daun andong kering, atan 9—15 g bunga andong kering atau 6—io g akar andong kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.
3. Nyeri lambung dan ulu hati
Cuci bersih 15—30 g daun andong kering atau 6—10 akar andong kering. Rebus bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.
4. TBC (tuberkolosis)
Cuci bersih 15—30 g daun andong kering atau 9—15 g bunga andong kering, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.
5. Terlambat haid
Rebus 6o—100 g daun andong segar atau 30—60 g akar andong kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan sekaligus 1 gelas sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar