Radio Budaya Jawa



Kamis, 25 Maret 2010

ASAM JAWA


A. NAMA
1. Nama ilmiah : Tamarindus indica L.
2. Nama daerah : wit asem (Jawa), bak mee (Aceh), asam jawa (Kalimantan), tangkal asam (Sunda), celagi (Bali), dan asang jawi (Gorontalo).
3. Nama asing tamarind (Inggris), suan jiao (Cina).

B. KANDUNGAN KIMIA DAN EFEK FARMAKOLOGIS
Buah asam jawa memiliki rasa manis, asam, dan bersifat sejuk. Buah asam jawa mengandung bahan kimia, seperti gula invert, tartaric acid, citric acid, serine, ß-alanin, vitamin B3, geranial, llimonene, peptin, pro line, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid. Bagian daun mengandung stexin, iovitexin, dan isoorientin, sedangkan pada kulit kayu mengandung zat tanin.
Efek farmakologis asam jawa di antaranya antiseptik, menghilangkan rasa sakit, peluruh kandungan (abortivum), penurun panas, penambah nafsu makan, sebagai astringen, dan tonik.

C. PERBANYAKAN DAN PERAWATAN TUMBUHAN
Perbanyakan asam jawa dapat dilakukan dengan biji, cangkok, dan okulasi. Asam jawa dirawat dengan penyiraman cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk deilgan pupuk organik. Tumbuhan mi membutuhkan tempat yang cukup matahari.

D. BAGIAN TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN DAN PEMANFAATANNYA
Buah tanpa biji, daun, dan kulit biji terluar dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit sebagai berikut.
1. Batuk
Cuci 10 g daging buah asam, seduh dengan 1 gelas air panas, lalu minum bersama gula merah secnkupnya 1 gelas sehari.
2. Bisul
Cuci bersih daun asam jawa dan rimpang kunyit secukupnya, tumbuk halus, lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul hilang.
3. Borok karena luka
Cuci bersih biji asam atau daun kering secukupnya, tumbuk halus, oleskan pada borok, lalu balut. Lakukan secara rutin sampal borok hilang.
4. Gangguan pencernaan
Seduh 1—2 g bubuk kulit kayu asam dengan 1 gelas air panas, minum secara rutin 1 gelas sehari.
5. Karang gigi
Sangrai biji asam secukupnya, tumbuk sampai halus, lalu gosokkan ke bagian karang gigi dengan kain atau sikat gigi.
6. Menurunkan berat badan
Cuci buah asam masak secukupnya, kupas kulitnya, lalu makan.
7. Mencegah rambut rontok
Campur buah asam yang sudah masak dengan sedikit air. Gunakan ramuan untuk mengurut kulit kepala, cuci dengan sampo, lalu bilas dengan air bersih.
8. Radang payudara
Cuci bersih buah asam jawa secukupnya lalu remas sampai hancur. Campur sedikit air garam ke dalamnya, aduk rata, lalu tempelkan pada payudara yang sakit Setelah dibalur merata, balut dengan kain.
9. Rematik dan bengkak karena terpukul (lebam)
Cuci bersih daun muda asam jawa dan rimpang kunyit secukupnya lalu giling sampai halus. Seduh hasil gilingan dengan sedikit air panas lalu balurkan pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin sampai sembuh.
10. Sariawan
Cuci bersih buah asam jawa atau bubuk kulit kayu asam jawa lalu campurkan dengan air secukupnya lalu gunakan untuk berkumur.

Catatan wanita hamil dilarang memakan buah asam jawa yang tua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar